Itinerary in Bandung for 7 days! (SBY-BDG)

Perjalanan ke Bandung – Surabaya memakan waktu kurang lebih lima belas jam perjalanan.  Saya memutuskan untuk menggunakan Kereta Api Pasundan ini, karena sangat murah. Bayangkan saja, Rp94.000 sudah sampai di Bandung. Kita tinggal duduk di kereta api dan menikmati perjalanan. Bagi yang mudah bosan, kebosanan dapat dimatikan dengan mendengarkan musik atau dengan banyaknya makanan yang sudah di bawa sebelum ke stasiun. Well, makanan di kereta relatif mahal bagi kantong backpacker.

Untuk pemesanan Kereta Api Pasundan Surabaya – Kiara Condong (BANDUNG), bisa dilakukan langusng di loket kereta sebelum perjalana atau melalui online. Saya memilih melalui online karena ada diskon tiket kereta api. Kebetulan saat itu traveloka yang biasanya belum bisa untuk memesan tiket kereta, memperbarui fiturnya dengan pemesanan tiket kereta api online dan dengan diskon berkode.

Picture
Sumber : http://ppkadaop2bd.weebly.com/denah-tempat-duduk-ka.html

Keuntungan lain dari pemesanan kereta api melalui traveloka dan aplikasi online lainnya adalah kebebasan untuk memilih kursi. Sebaiknya pilihlah kursi yang sesuai dengan keadaan badan. Karena saya berpostur tubuh tinggi, saya lebih suka untuk memilih kursi bernomor 4C atau 21C, karena saya bisa meluruskan kaki saya. Tapi kalau memang gak berpergian sendiri, pertimbangan lain yang diperhatikan adalah kursi yang berada diarea sedikit dekat kamar mandi. Karena kalau terlalu dekat kamar mandi, juga bau yang malam – malam menyelinap. Biasanya saya memilih area nomor 8ABCDE. Karena posisi itu paling startegis untuk langsung keluar masuk dan berada di pinggir tengah.

Kereta api Pasundan ini akan berhenti lama di beberapa stasiun, salah satunya di stastun Yogyakarta. Jadi bagi yang memang ingin mengisi perut dengan nasi yang lebih murah atau ayam ala – ala KFC, bisa turun dan beli di area stasiun Lempuyangan. Tapi ingat ya, pastikan untuk tetap stay tune dan jangan sampai ketinggalan kereta.

Hal ibadah menurutku adalah hal yang gak boleh ditinggalkan, aku sebenarnya juga heran kenapa di kereta tidak disediakan gerbong kusus mushola. Jadi selama ini ketika berpergian jauh menggunakan kereta, aku selalu sholat sambil duduk di kereta. Untuk wudhu, aku selalu wudhu di kamar mandi kereta, dengan air yang tersedia disana. Tatapan aneh pun masih aku rasakan, ketika menggunakan mukena dan memulai sholat, berasa di luar negeri saja walaupun ini Indonesia.

Stasiun kereta api Kiara Condong bukan stasiun utama di Bandung, walaupun begitu jangkauannya gak terlalu jauh dari stasiun pusat. Ketika kamu sudah sampai di stasiun Bandung, kamu gak perlu galau kalau misal gak ada yang jemput. Karena angkot pun masih ada, ojek juga masih ada, dan taxi masih bersedia mengantar kamu di pukul 00.00 .

Saat itu, saya menggunakan jasa Transportasi online Go-Car. Di Bandung ini transportasi online yang sangat ramai adalah Go-Jek dengan diskon 50% dengan pembayaran Go-Pay dan 30% untuk Go-Car dengan pembayaran melalui top-up pula. Jadi perjalanan jadi terasa murah. Sayangnya ada perjanjian antara preman di stasiun ini dengan supir transportasi online, jadi ketika kita dijemput di stastiun, sopir tidak bisa datang langsung ke stasiun, kita harus berjalan sejauh kurang lebih 10 meter.
Pemesanan lebih murah melalui Go-Pay

Perbedaan antara UBER – Grab – dan Go Car menurut saya ada di beberapa hal, Well-yang paling murah adalah UBER, tapi sayangnya kita tidak pernah diberikan harga yang pasti di layar aplikasi (Informasi yang terbaru yang saya dapatkan dari. UBER, tampilan harga pasti bisa dilihat dilayar). Namun masih saja, terkadang apabila macet datang, kita harus membayar biaya tambahan. Sedangkan Grab dan Go-Car sama sama langsung memberikan harga pasti di layar aplikasi dan tidak ada biaya tambahan apabila macet. Untuk promo diskon, ketika online transportation ini memberikan promo yang berlebih. Namun untuk jarak jangkauan antar jemput, Go-car punya batasan tempuh, sedangkan UBER sangat unlimited.

Untuk berpergian di sekitaran Bandung, kamu bisa menggunakan berbagai macam transportasi. Tinggal dengan siapa kamu pergi. Kebanyakan untuk sewa motor, lebih baik kamu harus sewa motor dua hari sebelumnya. Karena pengalaman yang kemarin, saya langsung memesan sehari sebelumnya, dan hasilnya semua motor tidak tersedia. Ini dia informasi sewa motor murah di bandung          :

1. Sewa motor murah di bandung :WA 0818 0207 1733
2. sewa motor murah di bandung : WA 0822 1840 02840
3. sewa motor murah di bandung : WA 0856 2471 1600
4. sewa motor murah di bandung : WA 0856 5921 5050

Kalau kamu punya teman yang berkuliah di STT Telkom Bandung, kamu lebih baik memilih option nomor 3, karena memang murah diantara yang lain. Kamu bisa meminjam Kartu Mahasiswa-nya untuk jaminan sewa. Tapi, kalau kamu tidak memiliki teman dari STT Telkom Bandung, kamu bisa memilih option lain yang lebih murah untuk sewa motor murah di bandung.

Perjalanan seminggu di Bandung ini saya lalui di empat tempat yang berbeda. Di Bandung kota, Lembang, Soreang, and Ciwidey. Buat kamu yang pengen dapet rekomendasi itinerary, ini nih saya sediakan rute perjalanannya

Day 1 : Sampai di Bandung jam 23:00

Day 2 : Explore Bandung kota
                (Asia Afrika – Braga - Masjid Kota Bandung – Balai Kota - Bandung Indah Plasa)   Hari kedua ini kamu bisa menggunakan sewa motor, atau menggunakan angkot/transportasi online

Akhirnya mencicipi Sate Taichan Braga

Day 3 :
Pagi jam 7 berangkat ke Lembang, jangan sampai kesiangan karena akan macet danyang pasti kamu kehilangan waktu untuk menjelajah Lembang

Saya rekomendasikan untuk menginap di Seruni Hostel, karena posisinya bisa dijangkau darimana pun. Pesan aja lewat pegipegi.com , karena biayanya jauh lebih murah dari pada pesan langsung di hostelnya. Saya lakukan pemesanan sehari sebelum, karena saat itu sedang tidak masa liburan. Tidak akan menyesal untuk memesan Seruni Hostel, sebagai tempat istirahat di Lembang. Selain yang saya sampaikan kalo letaknya strategis, fasilitas nya juga lumayan. Dengan kamar hotel ekonomi biasa, didalam kamar terdapat dua kasur terpisah, televisi, handuk, minuman botol untuk pertama kali datang, dan kamar yang luas untuk ukuran kamar dua orang saja. Hostel ini juga disekitar jual makanan dan laundry.

Hari ketiga ini bisa digunakan untuk explore lembang. Untuk explore ini, saya sarankan   untuk menyewa motor. Sewa motor ini bisa sejak dari Bandung, atau di lembang. Lebih baik lagi, bila kamu ada pinjaman motor teman. Karena sata di Lembang saya memanfaatkan motor teman saya untuk berkeliling Lembang. Sehingga, untuk menuju Lembang dan kembali ke Bandung saya menggunakan Go-Car. Seruni Hostel sebenarnya juga menyediakan jasa penyewaan motor, tapi ongkosnya sangat mahal  yaitu Rp175000
                Berangkat pertama kamu bisa menuju ke Maribaya Lodge. Disini mostly kamu cuman bisa foto – foto dan menikmati pemandangan. Kamu juga harus merogoh saku yang dalam, karena untuk masuk di sini kamu harus bayar Rp15,000. Yang paling terkenal disini adalah fasilitas berfoto di ayunan alam, ada juga spot foto lain. Sayangnya kamu harus membayar untuk berfoto, hasil foto dari fotografer di setiap spot bisa kamu ambil di setelah sesi foto, sayangnya juga, kamu harus membayar Rp10,000 untuk setiap foto yang kamu copy . Terlebih, apabila kamu ingin berfoto, datanglah sangat pagi. Saat itu saya datang jam dua siang dan antrian sudah sangat banyak, sehingga saya harus   menunggu dua jam untuk berfoto.
                Dari Maribaya, sebaiknya kamu jangan terlalu lama, karena kamu bisa segera pergi ke  Tangkuban Perahu dan Cikole! Masih sama, kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk sekedar masuk. Tapi ini semua terbayar dengan pemandangan yang memukau!

Day 4 : Pagi nya kamu segera pergi ke Soreang sebelum macet.

Sumber:

Soreang ini adalah kecamatan di Kabupaten Bandung. Kecamatan ini jadi titik utamasebagai area jalur transportasi. Letaknya juga sangat dekat dengan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung. Dan jalur ini jadi tempat transit dari Bandung ke  Ciwidey! Kamu bisa menikmati Soreang walau ini setaraf kecamatan. Nikmati malam dan sore di sekitar Pemkab Bandung dan tentu saja jangan lewatkan BAKSO PARAWAN dengan cafe serba pink yang bikin mood kamu semakin nambah!!

Day 5 :  Kamu bisa menyewa motor untuk segera pergi ke Ciwidey! Waktu itu saya dapat  pinjaman motor dari tempat tinggal saya yang gratis, sekali lagi semuanya serba numpang. Jadi seharian ini saya segera pergi ke Ciwidey. Sangat dekat dari Soreang,karena memang jalurnya melewati Soreang apabila kamu dari Kota Bandung sekalipun.

Panjat terus! Dari Kawah putih kamu naik keatas deh, bakal nemuin beginian

Uh! Sepanjang Ciwidey, sampai kamu menanjak, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata. Saya memutuskan untuk pergi ke Kawah Putih Ciwidey sebelum kabut datang. Yup! Kamu harus datang sangat pagi. Usahakan jam 9 sudah sampai disana. Setelah itu kamu bisa segera melanjutkan perjalanan menanjak ke bagian atas Ciwidey. Jangan sampai lewatkan pokoknya, pemandangan perkebunan teh yang super-duper-cakep! Sebenarnya setelah dari Kawah Putih, saya langsung ke Rancabali, tapi disana sesungguhnya tidak banyak hal. Keinginan pergi kesana, hanya untuk bisa berfoto di padang ladang rusa. Dan so far- masuk nya bayar lagi.

Suasana Kawah Putih

Rusa ku sayang

Day 6: Aku kembali ke Bandung Kota karena besok pagi aku harus ke stasiun, dan itu berada di   Bandung kota. Kamu bisa mengeksplor Bandung lagi, untuk pergi ke tebing keraton didaerah Dago, ke cihampelas untuk membeli oleh – oleh, dan jangan lewatkan mampir ke chingu cafe!

Untuk seseorang yang kutemui terakhir disini, semoga waktu mempertemukan kembali sambil berdamai dengan apapun yang terjadi

Day 7 : Go home !

Well! Thats all my stories in Bandung! So far, setiap wisata yang kamu datengin di Bandung dibebankan biaya tiket masuk. Itu hampir semua tempat wisata. But, dont worry! Semua fasilitasnya sesuai dengan apa yang kita bayar.

2 comments:

1. Hari pertama nginep dimana chingu?

ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum Travelbuddies,
      saya hari pertama sampai terakhir menginap di rumah teman. Kecuali ditengah-tengah ada seruni guest house.
      Terimakasih

Delete

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!