How to Get Free Tour Packages in Surabaya

Surabaya, surabaya, oh surabaya...
Kota kenangan, kota kenangan, tak kan terlupa ..

Foto oleh Travelonyet - Kantor Pos Surabaya


Sudah berapa tahun kamu tinggal di Surabaya? Artikel ini khusus untuk perantau yang sudah lama banget di Surabaya, tapi masih aja belum tau kalau Surabaya punya paket perjalanan gratis yang bisa kamu nikmati untuk keliling sekitar Surabaya. Wah, Siapa bilang Surabaya gak punya apa - apa? dengan dikenal sebagai kota Pahlawan, tentu saja, Surabaya menyimpang beribu hal sejarah Indonesia. Nah tinggal kamu aja nih, yang mau bangkit dari rasa malas gerakmu, untuk segera berkeliling di Surabaya.

A City Sightseeing Tour in North of Surabaya
Kamu bisa memilih paket tour wisata bus dari Museum House of Sampoerna. Bus ini biasa disebut dengan Surabaya Heritage Track! Gak perlu khawatir soal duit, karena bus ini gratis kok. Tapi kamu harus sedikit berjuang untuk mendapatkannya. Karena armada bus ini cuma satu, jadi kamu harus antri dan memesan jauh - jauh hari melalui telepon atau datang langsung. Biasanya pihak Sampoerna museum akan membatasi berapa jumlah peserta tour yang memesan atau book. Kalau misalnya kuota pemesanan sudah habis, dan tinggal yang OTS alias on the spot. Kamu harus datang lebih awal untuk memesan. 
Foto oleh Travelonyet - Suasana Dalam Bus

Ini dia jadwal rute bus nya,
REGULAR TOURSDAYSCHEDULE
WeekdayTue to Thurs
Surabaya - The Heroes City
(Heroes Monument - PTPN XI)
1. 09:00 - 10:00
Surabaya - The Trading City
(Hok Ang Kiong Temple - Escompto Bank)
2. 13:00 - 14:00
Surabaya during The Dutch Occupation
(Kebonrojo Post Office - Kepanjen Church - Ex. De Javasche Bank)
3. 15:00 - 16:30
WeekendFri to Sun
Exploring Surabaya
(Balai Pemuda - City Hall - Ex. De Javasche Bank)
1. 09:00 - 10:30
Surabaya -The Heroes City
(Heroes Monument - GNI - PTPN XI)
2. 13:00 - 14:30
Babad Surabaya
(Kampung Kraton - City Hall - Cak Durasim)
3. 15:00 - 16:30

Semua informasi bisa kamu dapatkan kok di website House of Sampoerna.

Foto oleh Travelonyet - Tampak Luar Bus

Bisa dibilang aku pergi ke museum ini sudah ketiga kalinya, dan sejak tiga tahun di Surabaya, baru kali ini aku bisa mendapatkan paket perjalanan gratis sekitar Surabaya. Perjuangan untuk dapat ini lumayan susah sih, hari itu adalah hari Selasa dan aku akan memesan untuk hari Rabu, dimana itu bukan hari libur. Aku mencoba untuk menelpon bagian pemesanan bus untuk membeli tiket pagi , siang, dan sore. 

Ternyata untuk hari rabu, kuoata pemesanan sudah habis, mulai pagi hingga sore. Dan yang tersisa hanya pemesanan OTS, sehingga mau gak mau aku harus kesana untuk membeli tiket. Akhirnya, keesokan harinya aku harus datang jam sembilan pagi untuk membeli tiket tour sore hari, dan kembali lagi satu jam sebelum keberangkatan bus, karena jika lima belas menit sebelum keberangkatan belum mengambil tiket, maka kursi akan hangus dan digantikan oleh yang lain. 


Suasana Bus
Bus lengkap dengan AirCon,  sehingga tidak perlu takut dengan panas didalam. Kursinya juga sekitar lima belas kursi, dengan warna merah mencolok. Disisi tengah tersedia bangku kecil dan sandaran badan. Mungkin itu bisa dipakai buat siapapun yang bosan duduk dan memilih untuk berdiri sambil menikmati suasana.

Foto oleh Travelonyet - ID CARD

Fasilitas
Setiap peserta tour akan diberikan ID CARD sebagai penanda. Jangan khawatir untuk haus informasi, karena paket wisata gratis ini dilengkapi oleh tour guide yang siap menemani dan menjelaskan dengan detail sejarah setiap tempat yang akan dikunjungi. Mereka juga akan siap menjelaskan menggunakan bahasa inggris dan bahasa indonesia.

Foto oleh Travelonyet - Gereja Kepanjen
Durasi
Waktu yang ditempuh untuk tiga tempat pada sore hari itu relatif gak lama. Cuman satu jam lebih beberapa menit aja. Ini juga karena rute tempat yang dibuat sangat sejalur. Kamu juga masih bisa berkesempatan untuk berfoto ria di tempat wisata yang di kunjungi.

So, kalau udah tau gini masih males gerak lagi untuk keliling kota Surabaya dan melepas penat skripsi yang membosankan? Yuk angkat kakimu dan keliling ke Surabaya!!





No comments:

Post a Comment

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!