Itinerary 2 days in Solo

Travel Buddies, akhirnya aku bisa pergi ke kota yang sudah sejak SMA aku idam - idamkan. Kota Solo jadi kota yang ingin aku datangi karena punya kisah soal kerajaan di Jawa selain di Jogjakarta. Gak ada yang lebih dari itu. Perjalanan ku kali ini bisa dibilang perjalanan nebeng.  Kakak ku pergi ke Solo, dan aku ikut aja. Kami pergi berlimba dari Bojonegoro menggunakan mobil pribadi dan menghabiskan waktu kurang lebih empat jam. Bukan perjalanan yang jauh bagiku, karena biasanya bisa lebih dari empat jam seperti berpergian ke Malang yang menguras waktu dijalan. Atau Jakarta sekalipun dengan kereta api. Yang kedu kenapa perjalanan ini dibilang nebeng, aku benar- benar tidak menyiapkan segala jadwal perjalanan mau kemana, aku cuman ikut aja kemana Mas dan Mbak pergi. Namanya juga nebeng, mulai dari hotel sampai makan ya nebeng. Jadi proses tulisan itinerary 3 days in Solo ini aku buat gak sebenarnya yang aku lakukan, mungkin di pagi hari aku sebenarnya ke tempat A, tapi karena setelah aku kesana tempatnya gak banget, jadi di tulisan ini aku akan memberikan rekomendasi yang lain. Ditambah lagi, aku gak bisa sebutin berapa harga makanan yang aku makan, karena semua makanan  yang aku tuis disini, dibayarin, hahaaaa

Day 1


Bojonegoro - Solo

Aku lupa persisnya berangkat jam berapa, tapi seperti jam satu siang dan kami sampai di Solo saat adzan magrib akan berkumandang. Sampai Solo, langsung aja merangkak ke hotel Grand Amira Solo yang deket sama Keraton Solo dan sekitarnya. Kalau aku cek pakai traveloka, hotel Grand Amira Solo ini 0,21km sama Riyadh Great Mosque, 0,37 km dari Gading luwes, 0,87 km ke Keraton Surakarta, dan 1,01 km ke pasar klewer. Harganya gak aku rekomendasikan untuk yang kesini untuk backpacking. Tapi kalau sekelurga kesini seperti aku, hotel ini dibilang aman kok, dengan budaya arab yang diangkat sama hotel ini. Yang jelas kalau kamu punya banyak duit hotel ini cocok lah buat itinerary 3 days in Solo

Warung Gudeg Ceker Bu Yati Keprabon Solo

Sampai Hotel, cuman sholat dan mandi, setelah itu, kita terbang ke warung gudeg ceker bu yati keprabon. Warung ini ada di pinggir jalan, dan selalu ramai banget. Jadi, mending kalau kesini agak awal - awal aja. Beruntungnya aku dan mas mbak nyampai sini gak terlalu ramai, jadi bisa leluasa untuk nikmati makanan nasi gudeg. Sambil makan kita juga dihibur dengan ibu-ibu yang sedang menyanyikan lagu jawa, lengkap dengan alat musik siter. Tempat ini menjadi tempat yang cocok buat kamu untuk memulai itinerary 3 days in Solo

Wedangan Pendhopo
Jangan makan banyak -banyak di hari pertama untuk itinerary 3 days in Solo, karena kamu bisa segera nongkrong di Wedangan Pendhopo, yang menyediakan menu berbeda. Disini kamu bisa makan dan minum berbagai makanan khas Solo. Kamu bisa cek menu yang aku foto ya untuk tau nama - namanya. Bagusnya sih sebenarnya datang waktu siang kalau misalnya kamu mau foto - foto. Tapi menikmati dimalam hari gak kalah seru. Tempatnya emang sudah ada sejak tahun 1800 (berdasarkan nguping dari bapak - bapak tukang parkir yang ngobrol sama pemiliknya) dan persisnya tempat ini buka tahun 2000an, hmm aku lupa pastinya 2014 atau 2007. Yang jelas suasana kuno kental banget disini. Untuk cara memesan makanan, kamu tinggal aja ambil makanan di bagian angkringan tempat bakar areng. Kamu bisa bilang ke si ibu untuk pakai nasi atau engga, yang jelas setelah kamu milih, semua mneu itu wajib di catat di kasi dengan namamu. Untuk pesan minum kamu tinggal bilang ke kasir aja mau minum apa. Setiap nambah makanan yang diambil di angkringan, kamu wajib lapor ke ibu kasir.
Menu yang wajib kamu coba disini adalah Apollo yaitu semacam ketan yang dibakar (boleh gak di bakar) dengan isi coklat, dan jahe coklat yang baru pertama kali aku coba.

Day 2

Fort Vastenburg

Pagi banget jam tujuh pagi kami bisa segera main kesini, gak banyak yang bisa kamu eksplor disini karena entah kenapa saat itu masih tutup, tapi saat aku pergi lewat kesana ya tutup. Mungkin gerbangnya selalu ditutup. Tapi jangan salah, kamu bisa foto didepan benteng yang sudah ada sejak kamu belum lahir ini. Well, sebenarnya didepan benteng ini kamu bisa langsung tancap belanja di pusat grosir solo, tapi tunggu dulu  . . .


Keraton Surakarta 

Jam sembilan pagi keraton Solo udah buka, jadi setelah kamu ke Benteng dan makan nasi pecel, kamu bisa langsung main ke Keraton Surakarta yang khas dengan warna birunya. Untuk kamu yang suka sejarah, dan foto - foto, kamu bisa lama - lamain di keraton Solo. Atau kamu bisa mampir ke, . . 

Taman Balekambang
Jujur, gak banyak emang yang bisa kamu lakukan disini, selain mampir ke museum musik yang beruntung kalau lagi ada acara, memberi makan rusa yang kasin banget kadang makan bekas makanan pengunjung. Tapi so far kamu masih bisa foto - foto untuk memenuhi feed instagram kamu.

Warung Selat Mbak Lies

Makan siang kamu bisa mampir ke Warung Selat Mbak Lies yang ada di Jalan Veteran, Gang II . No. 42. Posisinya ada di dalam masuk gang, jadi kalau kamu bawa mobil, bisa kamu parkir didepan gang, atau kamu masukin kedalam parkir didalam gang. Pergi kesini kamu bisa kembali menuhin feed instagram  kamu dengan berbagai macam sudut foto yang pebuh dengan piringan kece dan rame gila!

Timlo Sastro
Malam hari kamu bisa mampir ke Timlo Sastro. Tempat makan ini super terkenal dan jadi warning untuk kamu yang lagi diet. Jadi aku kesana benar - benar membuang jauh yang namanya diet. Karena makanan di Solo gak boleh dilewatin dan pas banget ada yang bayarin. Haha. . . untuk kamu yang ke timlo sastro 1 tutup atau ramai, kamu bisa mampir aja ke timlo sastro dua di jalan Dr. Wahidin nomor 30 Surakarta.

Day 3

Shopping day! ( Pusat Grosir Solo + Pasar Klewer )
Di hari terakhir, kamu bisa menghabiskan waktu untuk berbelanja. Ada alternatif lain, kamu bisa berbelanja di hari kedua, jadi kamu bisa berhemat hari. Cuman karena saat itu situasinya saat sore hari kedua tiba - tiba kami dapat kabar ada kirab pawai budaya, jadinya acara berbelanja yang sebenarnya di menjadi tujuan Mbak ku untuk ke Solo, harus direalisasikan dihari ketiga.


CFD
Kalau kamu pergi dihari tiga adalah hari minggu, kamu bisa menikmati acara CFD yang selalu hadir diarea dekat keraton Solo.



No comments:

Post a Comment

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!