Apakah Paspor Masih Berlaku Bisa Diperbarui?

Travelbuddies!
Apakah paspor masih berlaku bisa diperbarui?
Bisa! Case ini bermula untuk kepergian ke India tahun 2019. Kebetulan pas banget masa habis paspor itu berjarak 6 bulan dari keberangkatan ke India. FYI, beberapa negara atau mungkin semua negara memberikan syarat untuk minimal berapa bulan habis paspor untuk dapat mengunjungi negaranya. Dan untuk India, Paspor, dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan sejak tanggal kedatangan di India.  Terus, aku baca di kompas.com, maskapai penerbangan hanya mau menerima penumpang yang berpaspor minimal masa aktif enam bulan sebelum masa berlaku habis.


Apakah Paspor Masih Berlaku Bisa Diperbarui?


Baca juga: Itinerary di Bandung

Namun, keberangkatanku bertepatan dengan enam bulan habisnya paspor, jadinya aku harus melakukan perbaruan paspor di bulan November, Desember, dan paling mepet Januari. Well, aku lebih suka untuk berjaga-jaga jauh sebelumnya. Jadinya aku putuskan untuk memperbarui paspor di Bulan Juni 2019. Dan itu masih lebih dari enam bulan.

Aku datang ke Imigrasi Bojonegoro dan  ditolak, karena baru bisa diperbarui minimal enam bulan. Yaiyalah! Perasaan bad mood tentu saja ada. Dan akhirnya, aku memiliki kesempatan untuk memperbarui paspor ku yang lama di Bulan November. Coba tebak, apakah berjalan dengan mulus?

Tidak.

Soal wawancara dan perlengkapkan berkas, aku sudah berpengalaman untuk menghadapi. Tapi masalahnya ternyata pihak Imigrasi Bojonegoro menolak dengan alasan masih sepuluh bulan keberangkatan. Akhirnya aku harus menghadapi Kepala Imigrasi Bojonegoro untuk menyampaikan alasanku.

Tentu saja Travelbuddies, alasanku karena untuk mengurus di Bulan Desember atau Januari bakal gak ada waktu karena urusan kantor di bulan itu akan menumpuk. Berarti itu masalah pribadi lu dong? - kata Imigrasinya. Perang argumen terjadi, hehe. FYI buat kamu traveller  yang bekerja kantoran hal ini harus kamu alami, perang argumen demi bisa jalan-jalan, terutama dengan atasanmu. Intinya keep calm dan tetep sopan untuk mengutarakan pendapat.

Baca juga: Taubat Setelah Makan Makanan Haram

Akhirnya Kepala Imigrasi Bojonegoro yang super baik ini memberikan saran untuk membawa surat keterangan keperluan pembaruan paspor untuk urusan kerja yang mendadak. well! accepted! Pasporku bakal di proses tapi gak bisa diambil tanpa dokumen yang diminta tersebut.

Singkat cerita akhirnya aku berhasil melengkapi dokumen. Berkas untuk mengambil paspor juga dilengkapi dengan surat kuasa pengambilan paspor, karena saat mengambil paspor aku minta tolong my litte sister untuk ambilin punyaku sekalian. Ditambah lagi, aku juga melampirkan berkas untuk permohonan paspor yang lama dikembalikan.

FYI, Paspor yang lama jangan dibuang. Karena data perjalananmu terutama yang ada visa didalamnya, akan sangat berguna untuk memudahkan perjalananmu selanjutnya. Ibarat kata, pihak luar negeri akan lebih percaya juga sama kamu yang sering melakukan perjalanan ketimbang newbie.

Pengambilan paspor baru dapat dilakukan empat hari setelah proses pembayaran. Saat itu aku baru mengambil sekitar satu minggu lebih karena menunggu kelengkapan dokumen. Well, ternyata dokumen bukti surat keterangan kerja, surat kuasa, dan surat permohonan paspor lama dikembalikan ternyata tidak diminta. Kata my litter sister sih! Tapi setidaknya aku sudah berjaga-jaga dahulu ya.

Apakah Paspor Masih Berlaku Bisa Diperbarui?

Jadi buat Travelbuddies yang punya pengalaman sama dengan aku, kamu hanya perlu menyiapkan strategi yang pintar wkwkwk. Kalau emang gak diterima, kamu bisa pindah imigrasi lain kok! Soalnya ya, beberapa teman-teman di Facebook International Backpacker memang ada yang berhasil memdapatkan perbaruan paspor meski paspor masih berlaku satu tahun. Intinya apapun yang terjadi, kamu harus stay smart di hadapan Imigrasi.

Buat kamu yang punya pengalaman dan rekomendasi lainnya soal membuat paspor, silakan komentar dibawah ya..

Baca juga: Klik Di Sini untuk Dapat Penginapan Gratis di Tokyo!

No comments:

Post a Comment

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!