Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Travelbuddies!
Mungkin kamu bakal mikir, ya kan gampang naik bus ke Bojonegoro apa susahnya. Eits! Nyatanya banyak banget temen-temen yang kebingungan dan masih mikir untuk beli atau enggak karena takut failed dan calo berdatangan. Sebelumnya aku mau bilang terimakasih untuk ZAKA dan BACHTIAR yang udah bantu kasih saran what to do pas aku kehabisan tiket pulang naik kereta ke Bojonegoro. Dan, saat cari informasi cara naik bus Jakarta-Bojonegoro dengan aplikasi Traveloka, mereka kasi beberapa saran yang akhirnya aku tulis disini. Tips dan trik ini bukan hanya untuk rute Jakarta-Bojonegoro. Tapi untuk semua rute pemesanan bus antar provinsi melalui jasa online.

Ada banyak aplikasi online untuk melakukan pemesanan tiket Bus. Jadi, sekarang kamu gak perlu khawatir untuk gak dapat tiket, atau dapat tiket mahal lewat calo. Never! Tapi masalahnya, aplikasi online beberapa ada yang mengkhawatirkan, setelah aku baca di review internet kebanyakan masalah datang seperti tiket online yang tidak diakui saat melakukan penukaran di loket. Akhirnya, aku memutuskan untuk memilih satu aplikasi yang sudah kupercaya sejak lama, yaitu Traveloka. Saat melakukan pemesanan, aku juga sekaligus membandingkan harga dengan aplikasi pemesanan tiket lainnya, dan mengecek ketersediaan kursi, ternyata hanya di Traveloka sajalah yang lebih murah karena saat itu ada promo.


Untuk cara pemesanannya aku gak perlu jelasin lagi ya, karena sama seperti melakukan pemesanan tiket pesawa atau kereta api. Bedanya denah kursi yang kamu pilih aja kok. Aku sarankan kamu yang memiliki kaki panjang untuk memilih kursi depan dekat supir yang pinggir, jangan yang jendela, karena kakimu masih bisa selonjor ria, dan saat kelebet buang air kencing kamu gak perlu menggangu teman sebelahmu untuk bangun sejenak. Setelah melakukan pemesanan, dengan tidak lupa menyantumkan kode promo lalu membayar, kamu akan mendapatkan receipt dan eticket nya seperti ini.

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Nah, saranku adalah kalau keberangkatan jam 15.00, baiknya kamu sudah ada disana jam 14.00, meski keberangkatan bus bakal telat juga. Saat sampai di terminal, kalau misal kamu gak tau dimana loket bus sesuai PO yang kamu pesan, kamu bisa tanya petugas, jangan tanya sembarang orang, karena menghindari calo. Bukan kita gak percaya sama orang, tapi emang shaitan suka bisikin hal-hal untuk melakukan hal jelek. So, kamu akan diarahkan ke loket pemesanan tiket. Eticket yang sudah kamu print, silakan ditunjukkan ke bagian loket yang nantinya akan di register ulang. Kamu bakal disuruh nunggu ditempat duduk depan loket. 


Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Oh iya, saat memesan di Traveloka, hanya tersedia PO Pahala Kencana, padahal aku pengen banget bisa naik yang Agra Mas. Saran dari Bachtiar sih waktu itu mending Agra Mas, karena gak bakal lemor jalannya. Kalau kamu buka website masing-masing PO juga tersedia pemesana online kok, tapi aku lebih memilih untuk memesan Bus Jakarta-Bojonegoro dengan Traveloka.

Setelah nunggu lama, akhirnya aku dapat kertas yang isinya nomor registrasi beserta keterangan aku akan naik bus yang nomor berapa. Kamu harus perhatikan bus yang akan kamu tumpangi ya, jangan sampai salah bus. Uniknya, misal bus akan berangkat, tapi kamu yang sudah check in belum ada didalam Bus, pihak bus akan menelponmu. Soalnya waktu itu pihak bus maki-maki penumpang karena ditungguin lama, ditelpon baru diangkat, eh ternyata gak jadi berangkat.

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Nah, kalau bus udah datang, kamu harus tetep sabar, karena setelah naik bus kamu harus cek nomor duduk kamu. Misal ada yang nempatin, jangan sungkan untuk usir dia karena kamu punya hak sudah beli kursi terlebih dahlu secara online. Yang kedua, meski tertulis eksekutif, bus ini sama aja kok. Bedanya kursinya lebih sedikit dan lebih luas dengan bentuk memanjang yang bisa selonjoran gitu. Terus, sebelum keluar dari Jakarta, bus ini akan harus mampir-mampir dahulu ke beberapa terminal untuk jemput penumpang lainnya. Jadi kamu emang diuji kesabarannya. Intinya sih harus selalu sabar kalau naik Bus perjalanan jauh ini. Nikmatin aja.

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Bus ini akan berhenti di tempat makan dan istirahat pas malam hari. Kertas check in  tadi jangan kamu buang, karena akan di tukar makanan. Makanan khas prasmanan ya gitu deh, sekedarnya aja, jangan harap kamu nemuin banyak sayur disini.

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Cara Naik Bus Antar Provinsi Jakarta - Bojonegoro Dengan Traveloka

Nah, itu ya cara naik bus Jakarta-Bojonegoro dengan Traveloka. Gampang banget, gak bikin pusing, dan terpercaya. Yuk komentar dibawah untuk pertanyaan dan saran konten blog Travelonyet. 

4 comments:

  1. Saya juga biasanya pesan tiket macam-macam di traveloka. Tapi nggak pernah pesan bus. Mungkin perlu dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Travelbuddies!
      Terimakasih doanya,
      semoga allah juga memudahkan jalan kakak untuk apapun itu

      Cheers,
      Nabilah

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mungkin bisa ditambah, waktu pesan tiket online untuk bus bisa hari h, atau h-1 keberangkatan

    ReplyDelete

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!