Jalur Alternatif Jakarta-Bojonegoro

Travelbuddies, untuk kamu yang ingin pergi ke Bojonegoro secara mendadak tapi gak menemukan tiket pesawat yang pas dari Jakarta  ke Surabaya, ataupun tiket kereta dari Jakarta ke Bojonegoro langsung. Kamu bisa coba rute Jakarta-Semarang-Bojonegoro melalui jalur udara dan darat loh.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada hal-hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.  Pertama, rute Jakarta-Bojonegoro ini gak cocok untuk anggaran dana kurang dari Rp300.000. Kecuali memang kamu menemukan promo. Kedua, di tulisan ini, aku berikan contoh rute perjalanan untuk pagi hari dan sampai Bojonegoro siang hari. Ketiga, estimasi waktu dapat ditempuh minimal lima jam.

Baiklah, kita mulai dari rute Jakarta ke Semarang terlebih dahulu dengan menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan Lion Air yang terjadwal jam 08.00, dengan harga tiket pesawat Rp331800. Bila kamu menginginkan lebih pagi, kamu bisa memilih maskapai Citilink dengan harga sekitar enam ratus ribu, yang berangkat pukul 05.00 pagi.

Dari bandara, kamu bisa memilih menggunakan Bus Trans Semarang. Sayangnya saat sampai di Bandara Ahmad Yani aku gak bisa menggunakan transportasi ini karena pesawat Lion Air delay dan bikin waktuku sangat sempit untuk ke Stasiun Tawang. Saat tanya ke bagian informasi, petugss kasi tau aku kalau untuk ke Stasiun Tawang harus transit. Jadi, akhirnya aku memilih untuk naik taxi. Nah, kalau kamu ada informasi soal Bus Trans Semarang untuk rute Bandara Ahmad Yani Semarang ke Stasiun Tawang, silakan komentar dibawah ya.

Sebelum menggunakan taxi, aku memcoba untuk mencari informasi harga yang pas. Ternyata taxi Bandara Ahmad Yani Semarang ini banyak banget kasusnya. Sampai akhirnya pemerintah merapikan peraturan tarif. Selain mencari informasi di internet, aku tanya langsung ke petugas informasi, katanya untuk taxi harga tetap seharga Rp60000, tapi untuk harga taxi agro bisa jadi Rp50000.

Saat keluar dari bandara, aku mencoba iseng tanya ke orang-orang sopir taxi selain taxi bandara yang udah nawarin nunggu di dekat pintu gerbang. Harganya dia kasi Rp150000. Aku pikir mahal banget, aku tawar Rp50000 orangnya gak mau. Akhirnya aku tinggal dan segera menyeberang ke arah deretan taxi yang tertulis taxi Bandara.

Terdapat loket yang tersedia untuk memesan taxi. Sebelah kiri adalah taxi dengan harga pasti. Sedangkan sebelah kanan adalah taxi dengan agro. Aku memilih taxi harga pasti karena emang diburu waktu. Alhamdulillah Rp60000 melayang.

Saat dalam perjalanan, aku cek di google map jarak Bandara Ahmad Yani Semarang ke Stasiun Tawang memakan waktu 46 menit. Aneh banget, padahal sebelum perjalanan ini aku cek cuman makan waktu 18 menit saja. Seriusan deh agak deg-degan. Kalau gini yang bisa dilakuin cuman berdoa. Alhamdulillah, perjalanan cepet banget cuman sekitar 20 menit saja.

Nah sampai di Stasiun Tawang aku segera check in dan cetak boarding pass. Untuk harga tiket Kereta Maharani, aku bayar Rp45000 dengan keberangkatan jam 11.55. Kalau kamu ambil tiket pesawat Citilink kamu bisa sampai bandara lebih awal, pergi ke Stasiun Tawang lebih awal dan ambil kereta Ambarawa Express degan harga Rp85000 yang pesawatnya berangkat pukul lima pagi dan kereta sekitar jam 8 pagi. Kalau kamu menemukan tiket pesawat yang lebih pagi nyampainya kamu bisa memilih tiket kereta Harina dengan total harga Rp150000.

Nah untuk ringkasan pengeluaran dapat kamu cek disini
Damri Gambir ke Bandara Soekarno Hatta Rp40000
Jakarta-Semarang Lion Air Rp331800
Taxi Bandara Ahmad Yani-Stasiun Tawang Rp60000
Kereta Semarang-Bojonegoro Rp45000
Total Rp 476800

Travelbuddies, jika setelah membaca ini kamu menemukan perubahan harga atau kamu punya pengalaman yang lebih baru, silakan komentar di bawah ya. Akan aku update juga dengan menyantumkan namamu. Thank you!

1 comment:

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!