Ngopi Sambil Belajar Bahasa Isyarat di Kopi Tuli Jakarta

Travelbuddies!
Ngomongin soal Jakarta emang banyak banget tempat makan bertebaran dimana-dimana. Menurut kamu dimana tempat makan terunik yang pernah kamu datangi? Aku berkesempatan untuk bisa merasakan kopi dan donat enak di Kopi Tuli. Lalu apa uniknya? Yuk simak ceritanya berikut ini.



Kopi Tuli
Jl. Duren Tiga Raya No.101, RT.4/RW.6, 
Duren Tiga, Pancoran,
Kota Jakarta Selatan, 
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760

Kopi Tuli ini sesuai dengan namanya, merupakan sebuah Cafe yang dibangun oleh Kak Dhika, atau Adhika Prakoso bersama dua sahabatnya Trierwinsyah dan Putri yang berhasil banget untuk membuktikan bahwa keterbatasan sebagai tunarungu bukan penghalang besar untuk jadi sukses. Berawal dari ditolak dibanyak perusahaan, kegagalan itu bukan titik akhir buat tiga orang sahabat ini. Lewat Cafe Kopi Tuli ini, Kak Dhika, Kak Erwin, dan Kak Putri membuka kesempatan untuk teman-teman tunarungu untuk memperoleh pekerjaan yang layak. 

Kopi Tuli Jakarta


Saat masuk ke ruangan ini, mungkin kamu akan disapa oleh suara tak berisik, tapi sebenarnya didalamnya terdapat teman-teman tunarungu yang sedang asyik ngobrol melalui bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia). Aku datang kesini dengan super kaku, karena saat itu hujan deras dan agak weird saat masuk dengan baju basah setengah kena hujan. Belum lagi gerogi duluan, karena bingung mau gimana untuk memesan. Aku gak bisa bisindo dan takut memulai. 

Akhirnya aku mencoba untuk berinteraksi dengan Kak Putri yang jadi bagian kasir. Kak Putri masih bisa berbicara sedikit dengan dilengkapi dengan bisindo. Aku pun mencoba untuk menanggapinya dengan bahasa isyarat sebisaku dan mulut yang ku jelaskan setiap ucapan katanya, sehingga ku pikir Kak putri bisa memahami dari gerakan mulutku. 


Kopi Tuli Jakarta


Ternyata untuk memesan, kita dimudahkan dengan menu yang tersedia simbol bisindo. Jadi tinggal gerakkan tanganmu sesuai simbol di menu tersebut. Disini kamu bisa memesan kopi dengan berbagai rasa. Ditemani oleh makanan ringan seperti donat. Di gelas minumannya juga tersedia simbol bisindo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk belajar juga.

Kopi Tuli Jakarta


Suasana Kopi Tuli ini bisa dibilang nyaman banget, kamu bisa memilih dilantai satu, lantai dua atau di teras halaman. Gak perlu takut ketinggalan jam sholat, karena Kak Dhika cs menyiapkan tempat sholat yang nyaman di lantai dua, lengkap dengan kamar mandi yang bersih. Di lantai dua juga tersedia berbagai karya teman-teman tunarungu seperti hasil fotografi, totebag, dan kaos yang dijual.

Kopi Tuli Jakarta

Kopi Tuli Jakarta

Kopi Tuli Jakarta


Kafe ini ditutup sampai pukul 10 malam, jadi bila datang kesini usahakan jangan datang mepet malam ya. Kamu wajib banget pokoknya menyempatkan datang kesini dan belajar bisindo bersama Kak Dhika cs. 

Ditulisan ini aku gak kasi lihat foto makanan dan minuman, karena emang waktu itu aku ada acara di cafe ini, jadi lupa unutuk ambil konten makanan. 

Jadi, soal suasana cafe, harga, rasa minuman dan makanan, menurutku udah pas banget kok. Nilai lebih dari cafe ini ya experiences untuk berinteraksi langsung dengan sahabat-sahabat tunarungu. Gak perlu gerogi lagi dan takut untuk memulai. 


Kopi Tuli Jakarta


Nah, Travelbuddies, ayo segera untuk coba dateng ke Kopi Tuli Jakarta. Untuk kamu yang di Depok, Kopi Tuli ini juga tersedia kok di Depok. Letaknya di Jalan Krukut Raya Nomor 10 Kota Depok.


No comments:

Post a Comment

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!