Membuat Paspor Baru di Imigrasi Bojonegoro

Travelbuddies!
Kalau kamu mau memperbarui paspor, usahakan cari imigrasi yang sepi. Kalau sekarang aku tinggal di Jakarta, kemungkinan bakal antri juga kalau daftar paspor di Jakarta, belum lagi aku harus bawa surat ijin tinggal sementara. Akhirnya kesempatan pulang ke Bojonegoro aku manfaatkan untuk buat paspor. Gak perlu antri lama, kamu cukup sisakan waktu satu hari untuk daftar paspor baru di Imigrasi Bojonegoro. Ditulisan ini aku gak jelasin detail gimana cara bikin paspor baru, karena kamu bakal nemuin juga di blog lain. Jadi aku bakal kasi tips dan trik nya untuk menghadapi pegawai imigrasi di Bojonegoro. 

Buat Paspor di Imigrasi Bojonegoro Gak Antri
Kamu bisa datang jam tujuh pagi dan pak satpam akan bantu catat namamu. Nah, kamu tinggal dan kembali sekitar jam delapan gak apa. Nomor urutmu sudah dicatat Pak Satpam. Prosesnya aku gak bisa pastikan selesai sampai jam berapa, kemungkinan prosesnya paling lama lima jam sih. Soalnya di kesempatan kedua aku perbarui paspor di Imigrasi Bojonegoro, aku langsung aja masuk, nulis di buku dan dikasi map warna biru. Untuk yang kedua kali aku ke imigrasi Bojonegoro, aku datang jam sembilan pagi selesai jam 11 siang. Jadi waktu paling tempat untuk datang ke imigrasi Bojonegoro adalah pagi hari antara jam 8-9. Karena kalau kamu datang jam 10 sudah pasti kepotong jam istirahat. Untuk pembuatan paspor di imigrasi Bojonegoro ini di batasi sampai 40 orang. Nah, kalau ada peraturan baru lagi, bisa komentar dibawah ya..


Patuhi Berkas Untuk Pembuatan Paspor Baru
Untuk kamu yang baru akan membuat paspor baru, kamu wajib patuhi beberapa hal persyaratan. Kalau kamu masih dibawah umur, wajib bersama orangtua. Nah, kalau kamu sudah punya KTP kamu gak perlu ajak orangtua ya. Cukup lengkapi berkasmu dengan membawa berkas asli seperti KK, KTP, dan Akta. 

Untuk memperbarui paspor lama
Kalau kamu memperbarui paspor lama, kamu cukup isi semua formulir yang isi formulirnya sama aja seperti pengguna paspor baru. Untuk berkas asli kamu gak perlu bawa. Cukup paspor lama mu dan fotokopi paspor, fotokopi KK, Akta, dan KTP. Tapi sebenernya bawa paspor lamammu dan e-KTP aja udah cukup seperti yang disebut-sebut oleh imigrasi. Informasi detail dan pengalaman ku perang dengan pihak imigrasi karena paspor baruku bisa kamu  baca lebih lanjut disini.


Bila Namamu di KK Beda dengan Akta
Paspormu akan menyesuaikan nama akta. Pas daftar paspor, aku juga bersama Talita (my lovely sister) yang nama KK, Akte, dan KTP beda. Bedanya cuman ada titik dan gak ada huruf H nya. Dan pihak imigrasi Bojonegoro saat itu tidak mempermasalahkan dan mengacu nama pada akta. 

Wawancara Gak Usah Terlalu Jujur
Setiap orang punya alasan untuk bikin paspor, entah yang emang sudah beli tiket keluar negeri ataupun belum. Aku pribadi sih gak suka ya di tanya-tanya kenapa lu bikin paspor kalau belum ada rencana. Ya kan itu hak kita untuk jadi masyarakat dunia wkwkwk.. tapi aku juga memahami peran petugas imigrasi yang bertanggung jawab atas Warga Negara Indonesia yang keluar dan masuk. Jadi, saranku kalau kamu sudah punya tiket pesawat itu, bawa aja sekalian hardfile nya. Nah, kalau kamu emang belum ada rencana kemana-mana kamu sebutin aja mau ke Singapura untuk jalan-jalan. Saran dari temen-temen Backpacker International di forum Facebook, nyebutin kalau amannya kamu nyebutin negara sekitaran Asia aja. Case ini juga berlaku sih buat kamu yang sudah punya tiket untuk pergi keluar negeri. Mending jawab aja mau ke Singapura untuk jalan-jalan. Nah kamu harus yakinkan imigrasi kalau kamu gak gembel. So, berpakainlah yang bagus dan rapi. Karena pihak imigrasi akan mencurigai penampilanmu juga. 

Kalau sudah dijawab mau pergi untuk jalan-jalan, dan ditanya sama siapa, kamu bisa jawab sendirian atau sama temen. Nah kalau pihak imigrasi gak yakin dengan jawabanmu, biasanya pihak Imigrasi Bojonegoro bakal minta fotokopi paspor teman yang akan pergi jalan-jalan di Singapura denganmu.

Intinya sih, kalau kamu buat paspor di Imigrasi Bojonegoro dan kemungkinan semua kantor imigrasi lainnya, kamu harus berdoa banyak dan bertampang keren ditambah bisa meyakinkan pihak Imgrasi. Jangan sekali-kali kamu jawab mau ke Amerika atau Eropa kalau kamu belum pernah pergi keluar negeri, karena ada kasus juga dari salah satu anggota forum Backpacker dia baru banget bikin paspor, dan emang mau ke Amerika. Paspornya ditolak karena dia gak meyakinkan. Pihak Imigrasi memberi solusi untuk melengkapi beberapa persyaratan berkas. Nah kalau udah gini sih, saranku mending pindah imigrasi aja dan jangan nyebutin mau ke Amerika.

Membuat Paspor Baru di Imigrasi Bojonegoro

Tampil Cantik di Paspor
Setelah wawancara, kamu akan foto untuk paspor mu. Untuk yang berkaca mata wajib dilepas ya, dan untuk yang berjilbab, jilbab mu agak diataskan, jadi dahi kelihatan. Intinya harus jelas, dan yang penting kamu harus tersenyum bahagia menatap kamera. Bila kamu bejrilbab, pakailah jilbab selain warna putih ya. Nah bagaimana bila pembuat paspor adalah anak balita? Bagaimana melakukan foto? Tenang saja, pihak Imigrasi Bojonegoro akan memperbolehkan anak balita dipangku oleh ibu atau keluarganya, sehingga memudahkan untuk proses foto.


Segera Lakukan Pembayaran
Selesai foto, kamu akan mendapatkan kertas untuk pengambilan paspor yang kamu gunakan juga untuk membayar paspor di Bank atau Kantor Pos. Usahakan segera melakukan pembayaran sebelum permohonan paspor barumu ditolak.

Nah, lalu kapan paspormu bisa diambi?

1 comment:

  1. I have been surfing on-line more than three
    hours today, but I by no means found any attention-grabbing
    article like yours. It is pretty price enough for me.
    In my view, if all website owners and bloggers made excellent content
    as you probably did, the net will probably be a lot more useful than ever before.

    ReplyDelete

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!