TARIF KIRIM KARTU POS KELUAR NEGERI

Travelbuddies!

Video tentang cara mengirim kartu pos dari Indonesia ke luar negeri adalah video pertamaku yang aku buat di youtube. Setelah itu aku membuat video tentang kedua klarifikasi dari video pertama setelah aku mengetahui harga pos yang sebenarnya dari mbak-mbak pos di Surabaya. Nah, dari video tersebut banyak banget yang tanya, mulai dari gimana dapet temen untuk berkirim surat sampai kenapa kartu pos gak pernah nyampai. Awalnya aku mau membuat video baru, tapi berhubung susah banget untuk berkompromoi dengan laptopku jadinya aku tulis dibawah ini ya. QnA seputar kartu pos yang sering banyak ditanyakan sama travelbuddies.

1. Cara dapat teman untuk mau saling bertukar kartu pos?

 Ada banyak cara untuk mendapatkan penpal. Aku sarankan kamu menggunakan poscrossing.com. Di website ini kamu bisa secara random mendapat kiriman kartu pos dari orang-orang diseluruh dunia yang juga suka berkirim kartu pos. Gaenaknya, kamu gak bisa milih mau dapat kartu pos darimana. Nah, untuk tau lebih lengkapnya soal cara dapat teman penpal untuk berkirim kartu pos kamu bisa cek youtube aku ini.

Baca juga: Sahabat Aku dari Prancis! Cantik Banget!

2. Berapa tarif untuk pengiriman kartu pos dari Indonesia ke luar negeri?

Banyak sekali kejadian dimana beberapa orang kepaksa harus bayar mahal (lebih dari dua puluh ribu) untuk mengirim kartu pos keluar negeri dengan prangko, hal ini sayangnya terjadi karena petugas pos ada yang gak tau PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 2013 TENTANG TARIF LAYANAN POS UNIVERSAL.

Nah, kamu beruntung sekali sudah membaca blog Travelonyet dan nonton video youtube travelonyet, seluruh informasi tarif kirim kartu pos keluar negeri dapat kamu unduh disini.

3. Apakah pengiriman kartu pos bisa dilacak?
Pengiriman kartu pos dengan perangko tidak bisa dilacak, kecuali kamu pakai RLN atau EMS  dan itu tarifnya lebih mahal daripada kirim pakai prangko.

4. Kirim harus dimasukin amplop?

Nah pertanyaan ini muncul karena video pertama ku yang melihatkan aku kirim kartu pos dimasukin amplop. Kamu gak perlu kok masukin kartu posmu ke amplop. Aku menggunakan amplop karena aku juga masukin brosur pariwisata indonesia sebagai style ku berkirim surat sekaligus promoin pariwisata Indonesia.

Wajib Coba! Makanan Khas Papua

5. Apakah dengan amplop harga akan berbeda?

Harga perangko yang kamu bayar tergantung berat. Nah, biasanya petugas pasti bakal nimbang dong kalau kamu masukin amplop. Bersyukur kalau petugas percaya aja didalam amplopmu cuman kartu pos. Jadi think first mau kayak gimana nantinya.

6. Berapa lama kartu pos bisa sampai tujuan?

Kartu pos untuk pengiriman Indonesia ke asia paling cepat sekitar dua minggu, tapi umumnya untuk Eropa, Amerika dan benua lain,  pengiriman kartu pos ke luar negeri bisa memakan waktu tiga puluh hari.

7. Apakah kartu pos bisa gak sampai?

Bisa banget! Aku sering kartu posku gak nyampe. Bahkan setahun lalu aku sama sekali gak dapat kartu pos padahal aku sering kirim kartu pos pakai postcrosser.com.

8. Dimana beli kartu pos?

Kamu bisa beli di tempat jualan souvenir, kebanyakan sih banyak di tempat pariwisata. Aku juga sering nemu di bandara atau stasiun. Aku gak sarankan beli kartu pos di kantor pos ya, karena desainnya jelek. Kecuali di kantor pos seperti di kantor pos pusat Surabaya karena ada yang jualan old postcard gitu. Nah, kalau kamu pengen beli kartu pos khas Indonesia kekininan bisa deh bisa deh pesan di sini.

10. Berapa harga kartu pos?
Umumnya Rp5000 ya, kalau diluar negeri gitu mereka ada yang jual sampe Rp15.000 kalau di rupiahin.

Baca juga: Kenalin Best Friend Aku dari Rywanda

1 comment:

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!