Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling

Travelbuddies, setiap melakukan perjalanan hal yang gak bisa ditinggalkan adalah minum air untuk pemenuhan hidrasi sehat. Bukan air berwarna, tetapi konsumi air mineral sangat aku butuhkan agar tidak dehidrasi. Dimana aja, termasuk saat traveling di Indonesia aku harus minum paling gak delapan gelas dalam sehari, dan jujur aja aku selalu nyari Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) 1.5liter dengan harga termurah dan sudha pasti bawa thumbrl, belum lagi aku juga selalu tergoda untuk mencoba berbagai jenis Air Minum Kemasan seperti Air Demineral, Air Beroksigen, dan Air pH Tinggi (Alkali). Aku sih mikirnya dengan minum air beroksigen bakal gak cepet ngantuk, dan pemenuhan mineral tubuhku bakal tercukupi saat traveling. Eh, ternyata setelah ikut acara Hydration Talk yang diadakan sama Danone-AQUA mataku jadi semakin terbuka tentang konsumsi air untuk tubuhku ini.

Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling
Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling

Sebelum cerita soal empat jenis (AMDK) dan mana yang baiknya lebih banyak dikonsumsi, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK jelasin dahulu apa saja dampak jangka panjang dan jangka pendek saat tubuh kita dehidrasi. Dehidrasi jangka pendek bisa bikin travelbuddies mudah cemas, kosentrasi menurun, daya ingat visual menurun, dan jadi bikin mudah ngantuk. Sedangkan, jangka panjangnya dehidrasi bisa menyebabkan batu ginjal, infeksi saluran kemih, dan resiko kegemukan yang dapat meningkat cepat. Bisa dibayangin pemenuhan hidrasi sehat saat traveling bakal gak bisa terpenuhi kalau kita kurang untuk mengonsumsi air mineral. Eh air mineral? Lalu kalau kita konsumsi air demineral, air beroksigen, dan air PH Tinggi (Alkali) apakah sama aja?


Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling
Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK

Kalau dilihat dari definis, menururt SNI Air Mineral 3553:2015, AMDK adalah air yang diproses, tanpa bahan pangan lainnya, dan bahan bahan tambahan pangan, dikemas, serta aman untuk diminum. Empat tipe AMDK ternyata memiliki perbedaan terutama dalam kandungan mineralnya.

Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling
Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK


Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan,
keempat jenis air minum tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Air Mineral merupakan AMDK paling mudah ditemukan di pasaran. Air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku. Dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa manfaat mineral yaitu Natrium menjaga keseimbangan cairan & elektrolit, Magnesium untuk menjaga sistem kardiovaskuler, Kalsium menjaga kesehatan tulang, Kalium untuk sistem saraf dan otot, Zinc untuk pembentukan sel dan enzim, Florida mencegah karies gigi, Silica membantu memperkokoh jaringan.
  
Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling
Beberapa Tipe AMDK. Mana yang Memenuhi Hidrasi Sehat?

Faktanya, saat ini berkembang berbagai macam informasi AMDK seperti air alkali yang dipercaya oleh beberapa orang sebagai obat untuk penyakit tertentu. Padahal menurut dr. Diana, sampai sekarang belum ada loh bukti klinis bahwa air dengan campuran zat tertentu seperti air alkali mampu memberikan manfaat kesehatan apalagi pemenuhan hidrasi sehat. Yang lebih penting justru mengonsumsi air yang mengandung mineral.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO)[1], mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid. Penting diingat bahwa dalam memilih air minum untuk memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sangat bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh.

 
Pemenuhan Hidrasi Sehat Saat Traveling
Arif Mujahidin, Communication Director Danon Indonesia

Untuk memilih AMDK, juga harus diperhatikan jenis kemasan atau botol yang bersih, label tanggal kadaluarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup botolnya. Jadi setelah memahami pentingnya pemenuhan hidrasi sehat saat traveling dengan air mineral, travel buddies juga harus paham memilih jenis produk apa dengan kemasan yang terstandardisasi. Dalam kesempatan Hydration Talk ini, Danon-Aqua juga ikut andil bersama pihak IHWG (Indonesian Hydration Working Group) dan Universitas Indonesia untuk memberikan edukasi dan membantu masyarakat untuk sadar membiasakan minum air mineral yang sehat.

Jadi, saat traveling, Travelbuddies tetap penuhi hidrasi sehat dengan konsumsi air mineral yang cukup ya!




9 comments:

  1. Acaranya full faedah banget yak
    Jadi paham tentang pentingnya hidrasi

    ReplyDelete
  2. Iya beruntung banget bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  3. Informasi yang disampaikan teramat bermanfaat, saya sedikit tercerahkan mengenai pentingnya hidrasi

    ReplyDelete
  4. Belajar banyak dari hobi bawa tumblr kemana-mana bahwa minum pun ada aturannya, ga bisa minum air sembarangan yang mengandung klaim-klaim tertentu ya :)

    ReplyDelete
  5. aku sekarang ke mana-mana musti bawa air putih kak, karena pernah sering banget air kencing jadi berubah warna kalo lupa gak minum air cukup trus seharian di luar ruangan. kan ngeri juga kalo ginjal kita kenapa-napa

    ReplyDelete
  6. Travelling harus sedia air yg cukup ya..

    Jangan sampai acara travelling terganggu karena dehidrasi

    Nanti g bisa berburu konten dong

    ReplyDelete
  7. Jadi selama ini cuma salah kaprah ya yg bilang air alkali bisa obati penyakit. Waaah senang sekali dapat banyak ilmu yaa di acara ini

    ReplyDelete
  8. wahh jadi lebih tahu ya ttg air dan kehidupan.. Jangan sampai dehidrasi pokoknya..

    ReplyDelete
  9. Emang penting banget soal hidrasi ini Kurang minum bukan cuma susah fokus, jangka panjangnya malah lebih ngeri.

    ReplyDelete

Thank you! Feel Free to ask travelonyet!